Cara Install Gambas di Ubuntu 18.04

GAMBAS adalah akronim dari Gambas Almost Mean BASic. Software pengembangan gratis open source dengan ekstensi objek. Sekilas sotware ini tentu mengingatkan kita pada software di Windows yang bernama VisualBasic, tapi GAMBAS bukanlah klon dari VisualBasic itu sendiri, tapi software ini dirancang untuk sistem operasi GNU/Linux, jadi jangan coba cari versi Windows-nya ya.

Ada 2 tahap utama dalam instalasi Gambas, yang pertama adalah install komponen yang dibutuhkan Gambas, yang kedua kompilasi dan install Gambas itu sendiri.

Oke, langsung saja kita eksekusi, siapkan internet dan kopi, instalasi akan memakan waktu beberapa menit gaes!

Install Komponen

Masuk ke menu Comilation and Installation di website Gambas. Pada setiap versi sistem operasi, memerlukan dependensi yang berbeda, sesuaikan dengan versi Ubuntu anda, pada versi yang saya gunakan, 18.04, paketnya adalah sebagai berikut:

$ sudo apt install build-essential g++ automake autoconf libtool libbz2-dev unixodbc-dev libpq-dev libsqlite0-dev libsqlite3-dev libmysqlclient-dev postgresql-server-dev-10 libglib2.0-dev libgtk2.0-dev libcurl4-gnutls-dev libgtkglext1-dev libpcre3-dev libsdl-sound1.2-dev libsdl-mixer1.2-dev libsdl-image1.2-dev libxml2-dev libxslt1-dev librsvg2-dev libpoppler-dev libpoppler-glib-dev libpoppler-private-dev libasound2-dev libdirectfb-dev libxtst-dev libffi-dev libqt4-dev libqtwebkit-dev libqt4-opengl-dev libglew-dev libimlib2-dev libv4l-dev libsdl-ttf2.0-dev libgnome-keyring-dev libgdk-pixbuf2.0-dev linux-libc-dev libgstreamer1.0-dev libgstreamer-plugins-base1.0-dev libcairo2-dev libgsl-dev libncurses5-dev libgmime-2.6-dev libalure-dev libgmp-dev libgtk-3-dev libsdl2-dev libsdl2-mixer-dev libsdl2-ttf-dev libsdl2-image-dev sane-utils libdumb1-dev libqt5opengl5-dev libqt5svg5-dev libqt5webkit5-dev libqt5x11extras5-dev qtbase5-dev libssl-dev libcanberra-gtk-module git

Tinggal, copy dan paste di terminal, enter, kemudian masukan password root anda.

Compile and Install

1. Download paket Gambas di website resmi Gambas, buka menu Downoad, dan dapatkan versi Gambas terbaru:

http://gambas.sourceforge.net/en/home.html

NB: Jika ingin mendapatkan versi terdahulu, buka ke laman Soundforge Gambas disini.

2. Setelah proses download selesai pindah kan ke direktori home (agar lebih gampang), lalu ekstrak dengan perintah berikut:

$ tar jxvf gambas-3.14.3.tar.bz2

(sesuaikan nama versi Gambas yang anda download, pada versi yang saya install adalah versi 3.14)

3. Masuk ke direktori hasil ekstrak dengan perintah berikut:

$ cd gambas-3.14.3/

4. Kemudian ketikan perintah berikut satu per satu:

# ./reconf-all
# ./configure -C
# make
$ sudo make install

Masukan password root anda untuk mulai instalasi.

5 Selesai, selanjutnya anda dapat membuka Gambas dengan cara ketik gambas3 di terminal.

$ gambas3

Selanjutnya saya akan membuat artikel untuk meletakan Gambas3 pada menu apikasi supaya mudah saat membuka.

Done, happy coding!

Sumber:
http://gambas.sourceforge.net/en/main.html#

Keterangan:
OS Kubuntu 18.04

Tinggalkan komentar